Resep Ayam Goreng Serundeng. Menu Favorit Baru Anak-Anak

Ayam goreng tentu jadi hidangan yang udah enggak asing lagi dong buat Bunda. Selain lantaran gampang masaknya, cita rasanya juga lezat & keluarga banyak yang suka .

Tapi Bunda, kalo cuma sekedar masak ayam goreng biasa, lama -lama cita rasanya jadi bosen. Nah, Bunda sanggup tuh bikin ciptaan berdasarkan ayam goreng misalnya aja pake resep ayam goreng serundeng yang cita rasanya beda & enak banget.

Resep Ayam Goreng Serundeng. Menu Favorit Baru Anak-Anak

Pasti keluarga pada rumah makin senang. Ayam goreng serundeng sebenarnya sama aja kok sama ayam goreng umumnya, cuma ada tambahan serundengnya aja. Serundeng sendiri jadi makanan spesial berdasarkan Indonesia yang umumnya tak jarang dipakai sahabat lauk pauk sama nasi jua. Serundeng pada resep ini dikasih tambahan bumbu, jadi lebih enak rasanya.

Menu ayam goreng serundeng memang bukan hidangan acapkali dibuat di tempat tinggal , jadi kehadirannya relatif khas dan mampu bikin nafsu makan famili makin semakin tinggi. Enggak cuma dibuat keluarga aja Bunda, menu ini juga cocok untuk program hajatan atau sekedar arisan di tempat tinggal . Siapa memahami poly yang suka & Bunda mampu buka bisnis, tidak mengecewakan untuk tambahan penghasilan tempat tinggal , hehe?.

Kalo bunda bikin serundengnya pada jumlah poly, mampu pula sisanya disimpen di kulkas, lumayan untuk stok bila pas lagi males masak bun, hihi. Nah, daripada bertanya-tanya, yuk eksklusif kita simak aja resep ayam goreng serundeng ini dia.

Bahan-bahan

  • 4 potong ayam paha atas bawah
  • 150 gr kelapa parut (sangrai)
  • 2 lbr daun salam
  • 2 ruas lengkuas (parut)
  • Secukupnya air buat mengungkep ayam

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdm biji ketumbar
  • 2 ruas kunyit
  • 2 butir kemiri
  • Secukupnya garam, gula pasir

Langkah Membuat

  1. Siapkan bahan2. Cuci bersih. Parut lengkuas.
  2. Ulek bumbu halus.
  3. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukan daun salam, lengkuas dan ayam. Tuang air. Cek rasa. Diamkan sampai ayam menyerap bumbu / sampai air menyusut (sisakan air untuk kelapa sangrai).
  4. Bila dirasa cukup Angkat ayam dan sisihkan.
  5. Masukan kelapa sangrai ke air bekas ungkepan ayam yg masi sisa sedikit airnya. Aduk rata.
  6. Panaskan minyak di wajan lain dan goreng kelapa hingga garing kecoklatan.
  7. Tiriskan. Simpan di wadah tertutup biar awet.
  8. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Tata di piring Beri awuran serundeng kelapa diatasnya.
  9. Ayam goreng serundeng siap santap.

Itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep ayam goreng serundeng, enggak susah kan? Bahan yang dipakai pula engga terlalu poly jadi enggak bikin ribet. Menu ini enggak bakalan bikin nyesel kok Bunda, soalnya belakangan ini juga poly yg suka sama ayam goreng serundeng. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *